Daftar Aplikasi Cydia (Tweaks) Terbaik yang Harus di Install Untuk iPad 1, iPad 2 dan iPad 3


Jika anda mempunyai iPad Mini, iPad 1, iPad 2, iPad 3 (The New iPad) dan iPad 4 yang sudah di jailbreak anda dapat mengeksplorasi kemampuan, insting, jiwa seni dan kreatif dengan menginstall aplikasi-aplikasi (Tweaks) dari Cydia yang tidak mungkin bisa anda dapatkan jika iDevice anda masih dalam keadaan normal.

Pada dasarnya jailbreak merupakan penghapusan pembatasan yang diberlakukan oleh Apple terhadap semua produknya atau dkenal juga dengan sebutan Closed Source Software yang berbeda dengan Android yang menerapkan Open Source Software yang berarti mereka memberikan kebebasan kepada publik untuk meng-copy, merubah dan menyebarkan kode softwarenya ke pihak lain tanpa harus membayar royalti sedangkan Apple sebaliknya. Dengan kata lain jailbreak adalah kunci untuk membuka pintu yang di tutup oleh Apple, untuk lebih jelasnya bisa anda baca disini.
Aplikasi-aplikasi Cydia diciptakan oleh para developer yang mempunyai kemampuan dalam hal programming sehingga mereka dapat memodifikasi file sistem yang ada di iPad, iPhone, iPod Touch ataupun Apple TV. Aplikasi-aplikasi Cydia yang mereka ciptakan biasa disebut dengan Cydia Tweaks atau Cydia Apps yang hanya bisa di install di iDevice yang telah di jailbreak. Apabila anda belum melakukan jailbreak bisa dibaca langkah-langkahnya disini.

Apabila anda sudah berhasil melakukan jailbreak iPad 1, iPad atau iPad 3 berikut adalah aplikasi-aplikasi Cydia (tweaks) terbaik dan harus anda install untuk memaksimalkan iDevice, tetapi sebelumnya setelah anda jailbreak iPad ikuti beberapa tips-tips berikut:
  • Hal pertama yang harus dilakukan setelah anda selesai melakukan jailbreak adalah membuka ikon Cydia yang dapat anda temukan pada HomeScreen dan biarkan Cydia melakukan update data hingga selesai.
  • Langkah selanjutnya adalah menambah Sources di Cydia, tutorialnya bisa anda baca disni. Jika anda tidak tahu sources apa saja yang bagus, saya rekomendasikan 2 Cydia sources yaitu http://ihacksrepo.com/ dan http://repo.insanelyi.com/ untuk repo/sources terbaik saat ini, atau anda bisa baca disni untuk source yang lainnya.
  • Setelah anda berhasil menambahkan source di Cydia, sekarang anda sudah siap untuk menginstall aplikasi apa saja yang harus di install di iPhone, iPad, iPodTouch dan Apple TV yang sudah di jailbreak.
Catatan: Untuk menginstall semua aplikasi-aplikasi Cydia berikut ini dapat anda lakukan dengan buka Aplikasi Cydia melalui ikon yang ada di Homescreen > Pilih tombol Search dan ketikan aplikasi apa yang akan anda install > Baca terlebih dahulu keterangan dan fungsi dari aplikasinya > Kemudian pilih tombol Install > Setelah berhasil menginstallnya pilih tombol Restart SpringBoard atau Reboot.

1. AquaBoard - Water Effects
AquaBoard adalah aplikasi Cydia terbaik yang diciptakan oleh Elias Limneos, dengan aplikasi ini anda akan mempunyai efek air ketika menyentuh layar iPad, aplikasi ini sudah dapat dijalankan di iOS 6 yang belum lama dirilis oleh Apple.

Aplikasi ini mempunyai beberapa tema bawaan diantaranya adalah Turbulence, aqua sphere, waves, shockwave, unseen abyss, abstract artist, heavy taps dan smudge brush yang dapat anda pilih di aplikasi settings. AquaBoard dapat anda beli dengan harga $ 2.99 di Cydia.


2. NCSettings
NCSettings adalah aplikasi cydia yang diciptakan oleh JamieD360, aplikasi ini merupakan tombol shortcut untuk beberapa aplikasi yang ada di pengaturan (Settings) langsung dari Notication Center yang dapat anda lihat dengan menarik status bar ke arah bawah.

NCSettings mempunyai fungsi yang hampir sama dengan SBSettings tetapi lebih simpel dan rapi, untuk mengaktifkan aplikasi ini dapat anda lihat di Settings > Notifications. NCSettings dapat anda install secara gratis di Cydia.

3.Quasar
Quasar adalah aplikasi yang diciptakan oleh Pedro Franceschi, aplikasi ini hanya diciptakan untuk iPad karena dengan aplikasi ini anda dapat menjalankan dan melihat beberapa aplikasi secara bersamaan, hampir sama dengan multitasking yang ada di iPad tetapi anda hanya bisa melihat aplikasi yang sedang anda buka saja sedangkan Quasar lebih dari itu.

Quasar mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan multitasking yang anda di Mac dan Windows, selain itu jika windows suatu aplikasi yang ada di iPad di tutup akan tetapi aplikasi tersebut masih berjalan. Quasar dapat anda beli dengan harga yang cukup mahal yaitu $9.99 di Cydia akan tetapi harga tersebut sebanding dengan keunggulan yang ada di aplikasi ini. 

4. Fullscreen for iPad
Fullscreen for iPad diciptakan oleh Yllier, aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan tab bagian bawah ketika anda membuka aplikasi Mobile Safari sehingga anda dapat leluasa untuk melihat layar iDevice. Aplikasi ini sama halnya dengan Fullscreen For Safari untuk iPhone dan diciptakan oleh orang yang sama.

Mungkin untuk iOS 6 Apple sudah mengadopsi aplikasi ini, tetapi Fullscreen For iPad mempunyai banyak kelebihan, salah satunya anda dapat mengaktifkan untuk fitur fullscreen dengan arah sentuh (gestures). Aplikasi ini dapat anda beli dengan harga $1.99 di Cydia.

5. SwipeSelection
SwipeSelection adalah aplikasi yang diciptakan oleh iKy1e (Kyle Howells), aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk iPad yang berfungsi untuk mengedit teks, memindahkan kursor dan memilih (block) teks dengan arah sentuh (gestures) di keyboard.

Untuk memindahkan kursor bisa dilakukan dengan cara menyentuh dan menggeser satu jari di keyboard, untuk memilih teks bisa dilakukan dengan menggunakan dua jari sedangkan untuk block teks bisa dilakukan dengan menyentuh keyboard yang dimulai dari tombol Shift kemudian menggesernya. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat berikut ini:


Aplikasi ini adalah gratis yang dapat langsung anda install di Cydia:).

6. Dashboard X
Dashboard X adalah aplikasi Cydia yang diciptakan oleh cjori, dengan aplikasi ini anda dapat menambahkan widgets di homescreen. Selain itu aplikasi tersebut mendukung aplikasi-aplikasi lainnya yang kemudian bisa di simpan di homescreen yaitu diantaranya Dashtweet, IntelliScreenX, NCSettings, Jukebox, MusicCenter, NCSearchDashPro, PowerCenterPro, WeeKillBackground dan yang lainnya.

Aplikasi ini dapat anda beli di Cydia dengan harga $1.99.

7. DreamBoard
Dreamboard adalah aplikasi cydia yang diciptakan oleh Andrew Liu, aplikasi ini hampir sama dengan WinterBoard yaitu untuk menambahkan tema ke iDevice anda. Tetapi perbedaannya adalah Dreamboard lebih simpel karena bisa bisa membuat tema lebih bagus dan tidak terbatas hanya pada ikon, wallpaper atau yang lainnya.

Selain itu dengan aplikasi ini anda tidak lagi perlu mengatur tema secara manual dan menginstall aplikasi pendukung lainnya, dan yang terpenting setelah anda memilih tema tidak perlu melakukan untuk Restart SpringBoard. Aplikasi ini dapat anda install secara gratis di Cydia.

8. Belfry
Belfry adalah aplikasi yang diciptakan oleh Ryan Petrich, dengan aplikasi anda dapat menambahkan aplikasi Calculator, Compass, dan Voice Memos ke iPad yang secara default tidak diberikan oleh Apple dan hanya ada di iPhone, sekarang anda tidak perlu iri lagi:). Aplikasi ini dapat anda install secara gratis di Cydia.

9. F.lux
F.lux adalah aplikasi yang diciptakan oleh F.lux Software LLC, dengan aplikasi ini anda dapat mengurangi cahaya dari iDevice anda yang sangat berguna ketika anda berada di suatu tempat yang gelap. Aplikasi ini mempunyai 3 pilihan cahaya yaitu Candle, Incandescent dan Normal yang dapat anda atur di aplikasi Settings. Aplikasi ini dapat anda install secara gratis di cydia.

10. Zephyr
Zephyr adalah aplikasi cydia yang dibuat oleh chpwn yang berguna untuk multitasking dengan cara menggeser layar iDevice anda dari bawah ke atas atau dari kiri-kanan. Aplikasi ini sangat berguna untuk iDevice anda dengan tombol Home yang rusak atau untuk memperpanjang umur tombol Home, karena kalau terlalu sering di tekan biasanya tombol Home iDevice anda menjadi kurang responsif. 

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video untuk Zephyr di bawah ini:


Zephyr dapat anda beli dengan harga $4.99 di Cydia, kemudian anda dapat menginstallnya di iDevice anda dan pengaturan dapat anda lihat di aplikasi Settings.
#Update: Zephyr telah di Update dan Support di iOS 6 :)

11. GridLock
GridLock adalah aplikasi yang diciptakan oleh chpwn dan posixninja, dengan aplikasi ini anda dapat menyimpan ikon dimana saja, yang secara bawaan Apple tidak mengijinkannya.

GridLock dapat anda beli dengan harga $2.99 di Cydia, untuk pengaturannya dapat anda lihat di aplikasi Settings.


12. SBSettings
SBSettings adalah aplikasi cydia yang dibuat oleh BigBoss, aplikasi ini merupakan shortcut untuk tombol ON/OFF seperti bluetooth, Wi-Fi, Airplane mode, brightness, location dan yang lainnya. Dengan aplikasi ini anda tidak perlu membuka aplikasi pengaturan (Settings) iDevice anda, untuk memunculkannya anda hanya perlu menggeser status bar ke kiri atau kanan maka akan muncul beberapa tombol.

SBSettings sangat berguna karena anda tidak perlu repot membuka lagi aplikasi settings, selain itu tombol tersebut dapat dimunculkan dimana saja (di LockScreen sekalipun) atau anda sedang membuka suatu aplikasi (Twitter, Facebook, game).

SBSettings dapat anda install secara gratis di Cydia, setelah berhasil menginstall aplikasi ini anda dapat menemukan ikon SBSettings kemudian buka ikon tersebut untuk pengaturannya.

13. WinterBoard 
WinterBoard merupakan salah satu aplikasi Cydia terfavorit, karena dengan aplikasi ini iDevice anda dapat mempunyai tema yang secara original Apple tidak memberikan fitur untuk sebuah tema. Selain itu aplikasi ini diciptakan langsung oleh Saurik.

Ada banyak tema yang bisa anda download di Cydia, ada yang gratis dan adapula yang berbayar. salah satu contohnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini:


WinterBoard dapat anda install dengan gratis di Cydia, buka ikon WinterBoard di HomeScren anda dan pilih tema apa yang akan anda pakai. Karena tema bawaan winterboard sangatlah terbatas, anda bisa download tema yang lain di cydia. Untuk tema yang saya gunakan di atas adalah boss.ios themes.

14. iFile
iFile adalah aplikasi yang dibuat oleh Carsten Heinelt yang berfungsi sebagai File Manager yang bisa mengakses file-file sistem Root yang ada di iPhone, iPad, iPodTouch dan Apple TV anda yang sudah di jailbreak secara penuh sama seperti aplikasi Finder yang ada di Mac.

Selain itu, dengan aplikasi ini anda dapat melihat dan memodifikasi semua file-file yang ada di iDevice anda termasuk gambar, video, lagu, teks, HTML, arsip web, Microsoft, PDF, Apple iWork dan file yang sudah di kompres (zip, rar dll). iFile mampu untuk:
  • Copy, paste, rename dan memindahkan file
  • Edit teks file dan property lists seperti file konfigurasi
  • Install .deb file, yaitu biasanya file-file aplikasi cydia
  • Mengekstrak file-file yang dikompress (zip, rar dll)
  • Memainkan lagu atau video
  • Mengirim lagu/video anda ke aplikasi iPod (tutorialnya bisa anda baca disni)
  • Download dan upload file dari Mobile Web Browser
  • Mengatur dan memindahkan file yang ada di akun Dropbox anda
  • Mengirim file anda melalui email
  • Mengirim file ke iFile di iDevice lain melalui Bluetooth
  • Berintegrasi dengan beberapa aplikasi cydia, diantaranya AttachmentSaver, Safari Download Manager dan Celeste Bluetooth File Sharing.
iFile dapat anda install secara gratis di Cydia, tetapi untuk dapat menggunakan semua fitur-fiturnya dapat anda beli seharga $4. Setelah anda menginstall aplikasi ini, buka ikon yang bisa anda temukan di homescreen.

15. Springtomize / Springtomize 2
Springtomize adalah aplikasi cydia yang dibuat oleh FilippoBiga, dengan aplikasi ini anda dapat memodifikasi tampilan iDevice (SpringBoard/HomeScreen) sesuai dengan yang anda inginkan. Selain itu anda dapat mengatur tampilan untuk LockScreen, Dock, icons, folders, App Switcher, status Bar, Pages, Notification Center yang dapat anda temukan di pengaturan springtomize.


Springtomixe dapat anda beli dengan harga $2.99 di Cydia, setelah anda menginstall aplikasi ini akan menemukan ikon springtomize di homescreen anda untuk semua pengaturannya.

16. IntelliScreenX
IntelliScreenX adalah aplikasi yang diciptakan oleh intelliborn, aplikasi ini hanya bisa digunakan di iOS 5 karena aplikasi ini terintegrasi dengan fitur Notification Center yang hanya ada di iOS 5. Dengan aplikasi ini anda dapat melakukan semuanya yang anda perlukan di Notification Center tanpa harus membuka aplikasi.

Anda dapat melihat email, calendar, twitter, facebook, RSS, membalas dan mengirim SMS, Settings dan masiih banyak lagi. Aplikasi ini juga dapat anda lihat di lockscreen yang secara bawaannya tidak bisa dilakukan.


Anda dapat membeli aplikasi ini seharga $9.99 di Cydia, setelah menginstall aplikasi ini anda akan menemukan ikon di homescreen anda untuk mengatur semua pengaturannya.

17. Barrel
Barrel adalah aplikasi yang diciptakan oleh Aaron Ash, aplikasi ini memberikan efek ketika anda menggeser ikon yang ada di homescreen, ada sekitar 18 efek yang berbeda dan bisa anda pilih di aplikasi settings. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video di bawah ini:


Barrel anda dapat beli seharga $2.99 di cydia, setelah menginstall aplikasi ini anda dapat mengaturnya melalui ikon yang dapat anda temukan di homescreen.

18. InfiniDock
InfiniDock adalah aplikasi cydia yang diciptakan oleh chpwn, dengan aplikasi ini anda dapat memodifikasi Dock di homescreen iDevice, menambah ikon sebanyak yang anda suka, menggeser ikon-ikon yang ada di dock, menampilkan berapa ikon yang ada di dock per halaman dll.


Anda dapat membeli infinidock seharga $1.99 di cydia, untuk pengaturannya dapat anda temukan di aplikasi settings.

19. InfiniFolders
Sama halnya dengan Zephyr dan infiniDock, InfiniFolders juga diciptakan oleh chpwn, dengan aplikasi ini anda dapat menambah ikon sebanyak yang anda inginkan di folder karena Apple hanya mengijinkan 12 ikon,  dan mengatur berapa banyak ikon per halaman.

InfiniFolders dapat anda beli dengan harga $1.99 di Cydia, untuk pengaturan bisa anda lihat di aplikasi settings.

20. Installous
Installous adalah aplikasi yang diciptakan oleh Hackulous Team, dengan aplikasi ini anda dapat mencoba aplikasi berbayar sebelum anda membelinya, dengan kata lain anda dapat mendownload aplikasi berbayar secara gratis (dengan catatan hanya untuk mencobanya!).

Untuk download aplikasi ini, terlebih dahulu harus menambah Source atau Repository hackulo.us yaitu http://cydia.hackulo.us/ di Cydia anda (tutorialnya dapat anda lihat disini) untuk daftar repositori/source yang lain dapat dilihat disni.

Aplikasi ini dapat anda install secara gratis di cydia, dapat di cari di hackulo.us repository yang telah anda tambahkan tadi. Setelah itu anda dapat membukanya melalui ikon yang ada di homescreen.
# Update: Karena installous telah mati silahkan cek disini untuk Aplikasi alternatif Installous

21. Zeppelin
Zeppelin adalah aplikasi cydia yang bisa merubah nama provider (TSEL, INDOSAT, XL, 3 dll) sesuai dengan yang anda inginkan. Seperti yang anda lihat pada scrennshot di bawah nama providernya C(ikon)JB yang saya buat sendiri untuk Zeppelin.


Aplikasi ini dapat anda install secara gratis di Cydia, untuk pengaturannya anda bisa lihat di aplikasi settings.

22. DisplayCandy
DisplayCandy adalah aplikasi cydia yang diciptakan oleh Josh Kugelmann (protoSphere), aplikasi ini menambahkan efek animasi ketika membuka, menutup dan berganti suatu aplikasi.


Itulah beberapa aplikasi Cydia terbaik untuk iPad 1, iPad 2 atau iPad 3 anda, selain aplikasi-aplikasi cydia di atas anda dapat melihat beberapa aplikasi lainnya disini dan disini, bagaimana menurut anda? jika tutorial ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman anda melalui twitter, facebook, google+ atau yang lainnya. Jangan lupa untuk facebook page, dan Cara Jailbreak iOSon Google+. Jika anda punya komentar, kritik dan saran silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Share:
Copyright © Cara Jailbreak. Designed by OddThemes and Seotray