Tips Memilih iPhone


Tips dan trik memilih iPhone, iPad ataupun iPod Touch sebelum anda membelinya. Tips berikut berlaku jika anda ingin membeli iPhone, iPad atau iPod Touch yang baru ataupun bekas (second). Mungkin saat ini adalah saat yang tepat untuk memberikan tips ini karena kebetulan beberapa minggu lagi adalah musim THR:)
Jika anda ingin membeli iPhone baru, terutama yang bekas ada beberapa hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dan berkaitan dengan jailbreak dan unlock. Berikut adalah tips dan trick memilih iPhone sebelum membelinya:

1. Cek Keaslian iPhone, iPad atau iPod Touch yang akan anda beli 
Untuk mengecek apakah barang yang anda beli adalah asli, ataukah masih mempunyai garansi, Silahkan minta Serial Number barang yang akan anda beli. Jika anda membelinya secara online (seperti di kaskus) silahkan minta Serial Number nya. 

Tetapi jika anda melihat barang yang akan anda beli silahkan lihat di Settings - General -About dan lihat Serial Number nya kemudian cek di website Apple:

2. Cek Model, IMEI, Untuk Kepentingan unlock (SU/FU)
Berkaitan dengan jailbreak, saya sarankan untuk memilih iPhone yang dapat di unlock permanent. Karena jika anda memiliki iPhone yang dapat di unlock permanent anda tidak akan khawatir jika iDevice anda tidak sengaja ter-update beseband nya dan kehilangan Unlock yang anda miliki.

Berkaitan dengan hal ini, antara Software unlock (SU) dan Factory Unlock (FU) menurut saya sama saja, karena walaupun anda memiliki iPhone FU tetapi anda dapat kehilangan unlock yang telah anda miliki jika anda dengan tidak sengaja meng-update baseband iPhone anda.

Untuk Model, yang dapat anda temukan di Settings - General - About saya sarankan untuk memilih dengan huruf ujung LL karena berarti iPhone tersebut berasal sari U.S.A yang mempunyai carrier AT&T dan provider tersebut dapat di unlock permanent dengan harga yang cukup lumayan murah.

3. Cek Fisik, Fitur, Kelengkapan dan Fungsionalitas iPhone, iPad dan iPod Touch
Untuk mengecek iDevice dari segi fisik :
  • Cek kondisi layar iPhone, iPad ataupun iPod Touch, apakah masih mulus atau terlihat Dead Pixel. Untuk masalah Dead Pixel di iPhone saya yakin jarang terjadi, kalaupun ada itu karena tidak sengaja iDevice tersebut terinjak atau terduduki.
  • Cek grafik layar, karena kalo iPhone tersebut adalah iPhone China yang mempunyai tampilan hampir sama dengan "the real iPhone" tetapi grafik yang dimiliki iPhone China sangat jelek, sensitifitas layar lambat dan tidak mempunyai ikon AppStore.
  • Selain itu juga iPhone China ada yang mempunyai fitur Dual Sim dan Micro SD.
  • Cek tombol Home, pastikan tombol Home di iPhone, iPad ataupun iPod Touch masih berfungsi dengan sempurna.
Untuk mengecek iDevice dari segi Fitur:
  • Cek SIM Card, yaitu dengan memasukkan SIM Card yang anda bawa ke iPhone yang akan anda beli. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa iPhone yang akan anda beli tidak ter-locked.
  • Selain itu juga, cek tempat SIM Card, karena jika pernah menggunakan Gevey rata-rata tempat SIM Card yang asli tidak digunakan. Jika itu terjadi, mintalah tempat SIM Card yang asli kemudian cocokkan dengan Serial Number iDevice.
  • Cek beberapa aplikasi dan mencobanya, contohnya seperti Aplikasi Camera, Music untuk memastikan Speaker berfungsi, Wi-Fi, Bluetooth dan beberapa fitur standar lainnya.
Untuk mengecek iDevice dari segi kelengkapan:
  • Jika iPhone, iPad atau iPod Touch yang akan anda beli silahkan cek terlebih dahulu kelengkapannya.
  • Untuk Charger silahkan colokan dan coba untuk Charge iDevice anda. untuk iPhone 5 dan iPod Touch 5G kabel USB menggunakan Lightning Cable yang ujungnya lebih kecil. Atau jika kebetulan anda membawa notebook silahkan sambungkan dan buka aplikasi iTunes.
  • Untuk headphone, silahkan colokkan ke iDevice dan coba untuk mendengarkan sebuah lagu dan pastikan masih terdengar sempurna (tidak mati sebelah). Selain itu cek juga tombol Volume dan Home yang ada di headphone.
  • Cek Dus/kotak iPhone, untuk dus asli/bawaan maka Serial Number/IMEI yang tertera akan sama dengan yang ada di iDevice anda.
Itulah beberapa Tips memilih iPhone iPad dan iPod Touch sebelum anda membelinya, thanks to DenSaidi yang telah menginspirasi untuk membuat postingan ini:) Jika anda mempunyai tips lain atau mempunyai pertanyaan apapun silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Share:
Copyright © Cara Jailbreak. Designed by OddThemes and Seotray