Cara Menyimpan SHSH Blobs iOS 6.0/6.1 Dengan TinyUmbrella Untuk Windows dan Mac OSX


iOS 6.1 telah dirilis secara publik oleh Apple dan tidak lama lagi evasi0n (http://evasi0n.com/) yang merupakan alat untethered jailbreak di iOS 6.0 - 6.1 yang rencananya akan dirilis hari ini tetapi karena ada perbedaan waktu hampir 12 jam dengan kita (Indonesia) maka sampai sekarang belum bisa di download. Jika anda mempunyai iDevice yang support untuk di jailbreak untethered dengan evasi0n silahkan upgrade iDevice anda ke iOS 6.0 - 6.1 (jika belum melakukannya) dan download firmware untuk iOS 6 disini (iPhone) disini (iPod Touch) dan disini (iPad).
Saya sarankan dan perlu diperhatikan adalah ketika anda akan melakukan upgrade iDevice anda maka harus dilakukan secara normal di iTunes dan jangan dilakukan melalui OTA (over the Air) updates. Setelah iDevice anda sudah berada di iOS 6.0 - 6.1 langkah yang paling penting adalah dengan menyimpan SHSH iDevice anda karena besar kemungkinan Apple akan segera menutupnya. 

Untuk menyimpan SHSH iDevice anda dapat dilakukan dengan menggunakan alat jailbreak TinyUmbrella dan langkah-langkah untuk menyimpan SHSH iDevice anda dengan TinyUmbrella adalah sebagai berikut:
  • Download TinyUmbrella di halaman download, atau disini (Windows) dan disni (Mac)
  • Setelah selesai, sekarang klik dua kali pada aplikasi TinyUmbrella.exe atau TinyUmbrella.app untuk membukanya
  • Sekarang sambungkan iPhone, iPad dan iPod Touch ke PC/Mac
  • Setelah iDevice anda terdeteksi di TinyUmbrella klik pada nama iDevice di sebelah kiri atas.
  • Sekarang klik pada tombol "Advanced" kemudian Uncheck (hilangkan checklist) pada dua opsi berikut: "Save ALL Available SHSH" dan "Request SHSH From Cydia"
  • Sekarang ubah directory untuk menyimpan file SHSH iDevice anda ke Desktop (karena lebih gampang untuk menemukannya) pada pilihan "Save SHSH Directory"
  • Sekarang pilih tombol "Log" untuk melihat status dan proses penyimpanan SHSH.
  • Setelah itu, sekarang simpan SHSH di iDevice anda dengan menekan tombol "Save SHSH" dan TinyUmbrella akan memulai proses untuk menyimpan semua SHSH yang masih bisa disimpan dan masih di ijinkan oleh Apple.
  • Setelah berhasil maka anda akan melihat konfirmasi: "SHSH SUCCESSFULLY SAVED!"
  • Maka anda akan melihat file SHSH untuk iDevice di desktop.
Sekarang anda telah berhasil menyimpan SHSH, sehingga anda tidak khawatir lagi ketika akan melakukan downgrade di kemudian hari. Tutorial ini dapat dijalankan setiap kali anda upgrade ke iOS firmware yang baru selama TinyUmbrella sudah update dengan firmware tersebut.

Saya sangat menyarankan anda untuk menyimpan file SHSH anda di tempat yang aman karena SHSH iDevice anda tidak dapat digantikan oleh SHSH dari iDevice yang lain. Saya pribadi, file SHSH untuk semua iDevice saya upload di dropbox, karena selain gratis dan sangat aman saya juga dapat mendownloadnya dimana saja.

Bagaimana menurut anda? atau punya pendapat lain? jika ada pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

0 Comment "Cara Menyimpan SHSH Blobs iOS 6.0/6.1 Dengan TinyUmbrella Untuk Windows dan Mac OSX"