Beberapa Aplikasi Terbaik Untuk Mengakses Root File Systems Untuk iOS


Apabila anda mempunyai iPhone iPad dan iPod Touch yang sudah di jailbreak ataupun belum, sudah pasti anda memerlukan sebuah aplikasi yang tepat untuk dapat mengakses file sistem di iPhone iPad dan iPod Touch anda. Contohnya ketika anda akan menyimpan photo, video, menginstall suatu aplikasi, atau bahkan melakukan backup aplikasi dll.
Terutama jika iDevice anda sudah di jailbreak, jika anda akan mengakses roots file sistem di iPhone untuk melakukan suatu modifikasi sehingga anda harus menggunakan aplikasi yang tepat untuk melakukan hal tersebut contohnya ketika anda ingin mengaktifkan Mode HDR di iDevice.

Tidak seperti OS lain yaitu Android yang dipakai oleh Samsung dan HTC atau RIM yang dipakai oleh Blackberry juga Nokia yang menggunakan Windows dapat dengan mudah untuk mengaksesnya. Tetapi untuk iOS device tidak semudah itu dan setelah membandingkan banyak aplikasi browser untuk dapat mengakses sistem file di iOS (iPhone, iPad dan iPod Touch), akhirnya saya memutuskan beberapa aplikasi terbaik untuk mengakses file sistem adalah sebagai berikut:
1. iFunbox
2. iTools
3. WinSCP, Cyberduck dan FileZilla

1. iFunbox (Windows/Mac)
iFunbox merupakan aplikasi yang dapat digunakan di Windows ataupun Mac OSX, dengan aplikasi ini anda dapat mengakses semua file sistem yang ada di iDevice anda, terutama apabila anda sudah melakukan jailbreak di iDevice anda, karena anda dapat mengakses Aplikasi, Media (Photo/Video), menginstall aplikasi, membackup aplikasi, ringtones, dan anda dapat menggunakan iDevice anda sebagai portable  hardisk.
Menurut pengalaman saya, iFunbox merupakan aplikasi yang sangat berguna karena selain dapat mengubah sistem file untuk sebuah aplikasi anda juga dapat menginstall aplikasi sehingga anda tidak perlu menginstallnya melalui iTunes karena akan hilangnya data karena disambungkan dengan Library iTunes yang berbeda.

Selain itu, yang sangat menguntungkan adalah anda dapat melakukan backup aplikasi ke dalam format .ipa. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Untuk menginstall aplikasi, setelah iDevice anda tersambung dengan iFunbox, pilih tombol Install App kemudian arahkan ke file aplikasi yang akan anda install (dalam format .ipa)
  • Untuk melakukan back up sebuah aplikasi yang sudah ada di iDevice anda dalam format .ipa, buka Users applications kemudian klik kanan pada aplikasi yang akan di backup, kemudian pilih tombol backup to .ipa package.
Selain beberapa keuntungan diatas, untuk anda Developer, iFunbox juga sudah mempunyai aplikasi terminal didalamnya contohnya ketika anda akan melakukan uninstall aplikasi Cydia secara manual karena Cydia error dan tidak dapat dibuka. Masih banyak keunggulan iFunbox dan silahkan explore sendiri karena tidak mungkin untuk disebutkan semuanya disini:)
Download i-Funbox : http://i-funbox.com/
2. iTools (Windows/Mac)
Sama halnya dengan iFunbox, iTools dapat di install di Windows dan Mac OSX. Keunggulan iTools adalah dari segi desain dan kecepatan akses, juga dengan iTools anda dapat langsung membuat ringtones untuk iDevice anda. 
Tidak hanya itu, iTools dapat menginstall aplikasi Cydia dengan format .deb file (aplikasi cydia) dengan hanya melakukan drag and drop ke iTools dan secara otomatis aplikasi cydia tersebut akan terinstall di iDevice anda.

Kelebihan lainnya dari iTools adalah anda dapat mengakses Aplikasi Calendar, Notes, dan Messsage di iDevice anda, tetapi untuk hal yang satu ini saya agak sedikit ketakutan, karena bisa saja (pemilik iTools) mengumpulkan informasi pribadi kita yang dapat di ambil dari Calendar, Notes dan Messages.
Download iTools : http://itools.hk/cms/webpage30.htm

3. WinSCP, Cyberduck dan FileZilla
Untuk aplikasi ini hanya untuk developer, karena untuk pengguna baru akan cukup repot untuk menggunakannya. WinSCP(Windows) Cyberduck(Mac) dan FileZilla(Linux) merupakan aplikasi yang dapat mengakses file sistem secara nirkabel (wireless) terutama pada iDevice yang sudah di jailbreak dan sudah menginstall OpenSSH.

Dengan aplikasi ini anda dapat mengirim file secara wireless, tetapi kelemahannya adalah kecepatan transfernya lebih lambat dari USB. Satu hal yang penting adalah ganti password SSH anda yang secara default adalah "alpine".
Download WinSCP (http://winscp.net/eng/download.php)
Download Cyberduck (http://cyberduck.ch/)
Download FileZilla (http://filezilla-project.org/)

Itulah beberapa aplikasi terbaik untuk mengakses root file system untuk iOS. Dari semua aplikasi diatas saya lebih memilih untuk menggunakan iFunbox, tetapi bagaimana menurut anda? apabila mempunyai pendapat lain atau ada yang mau ditanyakan silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Share:
Copyright © Cara Jailbreak. Designed by OddThemes and Seotray