Cara Memasuki DFU Mode Untuk iPhone, iPad, iPodTouch dan Apple TV Pada Windows dan MacOSX


DFU mode adalah kepanjangan dari Device Firmware Upgrade yang berarti tahap dimana iPhone, iPad, iPodTouch dan Apple TV berada dalam suatu tahap sebelum proses restore dilakukan. Jika anda akan melakukan restore dengan mode recovery tidak berhasil maka anda bisa menggunakan mode DFU, ketika iDevice anda dalam keadaan tahap DFU maka iDevice tersebut belum masuk ke sistem operasi (OS) dan biasanya proses ini dilakukan sebelum iDevice anda di restore.
Tetapi sebagian besar proses jailbreak yang dilakukan pada iPhone, iPad iPodTouch dan Apple TV dilakukan pada tahap DFU bukan tahap recovery mode, karena recovery mode biasanya dilakukan pada iDevice yang di restore tetapi tidak menjalankan proses jailbreak. Maka dari itu tahap DFU menjadi salah satu kunci dalam proses jailbreak sebelum proses restore melalui iTunes.

Apabila anda tidak berhasil memasuki tahap DFU maka proses jailbreak tidak bisa dilakukan. Berikut adalah cara memasuki tahap DFU untuk iPhone iPad iPod Touch dan Apple TV:

Cara Memasuki Tahap DFU Mode untuk iPhone, iPad dan iPodTouch
  • Pertama buka iTunes anda dan sambungkan iDevice anda ke komputer melalui kabel USB
  • Matikan iDevice anda tetapi tetap tersambung pada komputer
  • Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power iDevice anda selama kurang lebih 5 detik
  • Kemudian tanpa melepas tombol Power tekan tombol Home (bersamaan dengan tombol Power) selama kurang lebih 10 detik
  • Sekarang lepas tombol Power dan tahan tombol Home sampai iTunes mendeteksi iDevice anda kurang lebih selama 15 detik atau sampai muncul peringatan di iTunes bahwa iDevice anda berada dalam tahap Recovery.
  • Jika anda berhasil memasuki tahap DFU maka layar iDevice anda berwarna hitam tanpa ada muncul logo Apple seperti gambar di atas.
Catatan: Jika muncul logo Apple berarti anda terlalu lama ketika menekan tombol Home dan anda harus mengulanginya lagi dari awal.

Kemudian bagaimana jika anda ingin mengeluarkan iDevice anda dari tahap DFU? Caranya Tekan Tombol Home dan tombol Power sampai muncul logo Apple, cara ini di sebut juga sebagai Hard Reset.

Cara Memasuki Tahap DFU Mode untuk AppleTV
Cara untuk memasuki tahap DFU pada Apple TV sedikit berbeda, caranya adalah sebagai berkut:
  • Pertama, buka iTunes dan sambungkan Apple TV ke komputer melalui kabel USB micro
  • Tekan tombol Menu dan Down secara bersamaan selama 6-7 detik maka Apple TV anda akan melakukan Reboot
  • Tepat setelah Reboot tekan tombol Menu dan tombol Play secara bersamaan sampai muncul peringatan di iTunes anda yang mengatakan bahwa Apple TV anda berada dalam tahap Recovery mode.
Jika ada pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan silahkan melalui kolom komentar dibawah.

Share:
Copyright © Cara Jailbreak. Designed by OddThemes and Seotray